Jumat, 26 November 2010

Pendapat Para Tokoh Tentang Musik Indonesia

Pendapat Para Tokoh Tentang Musik Indonesia

pengertian musik menurut berbagai tokoh

Pengertian Musik dari Berbagai Tokoh

            Ada banyak sekali pendapat para tokoh tentang perngertian musik. Sebab pengertian musik tidak dapat disama-ratakan, karena setiap orang memiliki pandangan tersendiri tentang apa yang disebut dengan musik menurut pengalamannya masing-masing. Berikut adalah pendapat para ahli tentang apa yang dimaksud dengan musik :

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia 2008 musik memiliki pengertian sebagai berikut:
  1. Ilmu atau seni penyusunan nada atau suara dl urutan, kombinasi, dan hubungan temporal untuk menghasilkan komposisi (suara) yang mempunyai kesatuan dan kesinambungan.

  1. Nada atau suara yang disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, dan keharmonisan (terutama yang menggunakan alat-alat yang dapat menghasilkan bunyi-bunyi itu).

Menurut Koentjaraningrat pada buku “Pengantar Antropologi” (1986 : 203-204), musik merupakan bagian dari kesenian. Kesenian merupakan salah  satu unsur kebudayaan.

Menurut Merriam pada buku “The Anthropology of music” (1964 : 32-33), musik merupakan suatu lambang dari hal-hal yang berkaitan dengan ide-ide, maupun perilaku masyarakat.

Menurut Boedhisantoso, S. dalam buku “Kesenian dan Nilai-nilai Budaya” (1982 : 23) dan Melalotoa dalam dalam buku ”Pesan Budaya dalam Kesenian” (1986 : 27), Musik merupakan kebutuhan manusia secara universal yang tidak pernah berdiri sendiri lepas dari masyarakat.

            Menurut pendapat Soeharto. M dalam buku “Kamus Musik”(1992 : 86) Pengertian musik adalah pengungkapan melalui gagasan melalui bunyi, yang unsur dasarnya berupa melodi, irama, dan harmoni dengan unsur pendukung berupa gagasan, sifat dan warna bunyi. Namun dalam penyajiannya, sering dengan unsur-unsur lain, seperti bahasa, gerak, atau pun warna. Melodi adalah rangkaian dari sejumlah nada atau bunyi, yang ditanggapi berdasarkan perbedaan tinggi rendah (pitch) atau naik turunnya. Dapat merupakan satu bentuk rangkaian dari sejumlah nada atau bunyi, yang ditanggapi berdasarkan perbedaan tinggi rendah (pitch) atau naik-turunnya. Dapat merupakan satu bentuk ungkapan penuh atau hanya berupa penggalan ungkapan. Irama adalah gerak yang teratur yang mengalir, karena munculnya aksen secara tetap. Keindahan akan lebih terasa oleh adanya jalinan perbedaan nilai dari satuan-satuan bunyinya (duration). Disebut juga ritme, rhythme, atau pun rhytm. Harmoni adalah perihal keselarasan paduan bunyi. Secara teknis meliputi susunan, peranan, dan hubungan dari sebuah paduan bunyi dengan sesamanya, atau dengan bentuk keseluruhannya.

Musik adalah seni yang paling abstrak sekaligus juga merupakan realitas fisika bunyi yang memiliki banyak keunggulan untuk membantu pendidikan watak halus seseorang. Musik telah banyak dikaji oleh para pemikir, kaum agama, pendidik, dan teoretikus seni, selain sebagai seni musik banyak digunakan untuk berbagai keperluan mulai dari tradisi, adat, hiburan, maupun pendidikan.

(sumber : http://yunacahnjati.Blogspot .com/2008/12/ pengertian-musik.html )


Pengertian musik dari wikipedia :
Musik adalah bunyi yang diterima oleh individu dan berbeda-beda berdasarkan sejarah, lokasi, budaya dan selera seseorang. Definisi sejati tentang musik juga bermacam-macam :
  • Bunyi/kesan terhadap sesuatu yang ditangkap oleh indera pendengar.
  • Suatu karya seni dengan segenap unsur pokok dan pendukungnya.
  • Segala bunyi yang dihasilkan secara sengaja oleh seseorang atau kumpulan dan disajikan sebagai musik.

100 Tokoh Paling Berpengaruh Sepanjang Masa

Rilis            : 2005
Halaman   : 458p
Penerbit    : KARISMA
Bahasa       : Indonesia
Judul          : 100 Tokoh Paling Berpengaruh Sepanjang Masa
PADA TAHUN 1978, ketika buku kontroversial yang ditulis Michael H. Hart, The 100: A Ranking of the Most Influential Persons in History (100 Tokoh Paling Berpengaruh Sepanjang Masa) – pertama kali dipublikasikan, banyak kritik menolak Hart yang telah berani memilih orang-orang paling berpengaruh sepanjang sejarah, tetapi juga menyusun peringkat berdasarkan seberapa pentingnya mereka.
Tidak perlu diragukan lagi, kritik-kritikan tersebut masih menjadi perdebatan sampai sekarang, tapi tidak kurang dari 60.000 kopi buku ini telah terjual. Hart percaya bahwa dalam tahun-tahun yang berselang, pengaruh dari tulisan-tulisan orisinalnya mengalami pasang surut dan nama-nama baru bermunculan di panggung dunia.
Seperti sebelumnya, ukuran Hart adalah pengaruh, bukan orang-orang paling hebat, tetapi yang paling berpengaruh, orang-orang yang mempengaruhi tokoh jutaan umat manusia, menentukan timbul dan tenggelamnya peradaban, mengubah rangkaian sejarah.
Dengan biografi-biografi yang jelas, Hart melukiskan karier dan kontribusi mereka dalam penjelasan peringkatnya, ia menyampaikan perspektif baru dalam sejarah, bersama-sama mengumpulkan fakta-fakta vital tentang para pemimpin religius dan politik, para penemu, para penulis, para filsuf, para penjelajah, para seniman, dan para inovator paling terkemuka dunia—dari Asoka sampai Zoroaster. Hampir semua biografi disertai dengan foto-foto atau ilustrasi.
Pilihan-pilihan Michael H. Hart mungkin mengejutkan. Bukan Nabi Isa maupun Marx, tetapi Muhammad SAW, bagi beberapa orang, ditunjuk sebagai orang yang paling berpengaruh dalam sejarah manusia. Argumentasi penulis buku tersebut mungkin tampak meragukan dan mungkin juga meyakinkan para pembacanya, tetapi apakah mereka setuju atau tidak dengan argumentasi-argumentasi tersebut, caranya membuat peringkat bersifat informatif dan menghibur.
Buku 100 Tokoh Paling Berpengaruh Sepanjang Masa ini benar-benar karya yang bernilai tinggi. Benar-benar akan menjadi karya yang bersifat kontroversial, provokatif, dan yang sempurna sebagai bahan referensi sejarah atau filsafat. [*]

1 komentar: